"Selamat Datang di Website Resmi Desa Peresak" "Himbauan...!!!! Bagi masyarakat Desa Peresak yang memilik keperluan di persilahkan datang dengan membawa Identitas diri berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Terima Kasih....."

Artikel

PENGERAJIN TUDUNG SAJI (TEBOLAK) DI DESA PERESAK

05 Februari 2020 12:38:21  Administrator  365 Kali Dibaca 

Pengerajin Tebolak, Redup di Tengah Gemerlap Acara Adat

 

Beberapa langkah yang ditempuh Pemerintah Lombok Timur terkait pengenalan identitas kedaerahan disambut positif banyak kalangan. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah Festival Seribu Dulang yang melibatkan seluruh Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Masyarakat sasak mengenal dulang  sebagai gabungan beberapa jenis makanan yang disuguhkan pada acara-acara adat dan agama atau kepada tamu-tamu pnting.

Berbicara masalah dulang maka salah satu yang harus ada adalah Tebolak. Tebolak ini sendiri merupakan penutup saji makanan yang terbuat dari daun lontar yang dianyam berbentuk setengah bola. Boleh dikatakan kalau tebolak ini adalah salah satu perlengkapan adat yang telah diketahui keberadaannya oleh seluruh masyarakat sasak. Itulah sebabnya saat acara adat Lombok Timur  Fesival Seribu Dulang, barang ini menjadi menjadi barang yang paling banyak dicari.

Di Desa Peresak Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur merupakan tempat pengerajin Tudung Saji (Tebolak) ini, jumlah pengerajin di Desa Peresak  mencapai 300 KK lebih. Hampir setengah dari jumlah Penduduk sebanyak 750 KK. Tebolak identik dengan warna merah, berbagai macam warna, corak, bahkan untuk hiasan dinding bisa dibuat tergantung pesanan. Untuk ukuran dibuat berbeda-beda, ada yang kecil, sedang, dan besar.

Untuk pembuatan tudung saji ini memerlukan waktu yang cukup lama dan proses yang panjang sehingga para pengerajin hanya bisa menghasilkan 3 sampai 4 Kudi (20 buah Tebolak) dalam satu bulannya. Untuk mengasilkan tebolak sejumlah itu, para pengerajinpun hampir tidak memiliki waktu selain menganyam tiap hari.

Saat ini pemasaran Tebolak di lakukan melalui Pengepul yang ada di Desa Peresak, kemudian para pengepul menjualnya di Pasar Teradisional yang ada di Desa-desa lain dan terkadang mengantarkannya ke para pemesan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

BAKSO.DUKCAPIL .. ..
... bumdesa.kemendesa .....
... .. ...
... .. ...

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Komentar

 VIDEO

Video Sosialisasi Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:459
    Kemarin:552
    Total Pengunjung:83.855
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.7.199
    Browser:Mozilla 5.0